Assalamualaikum wr. wb.
Hari ini ..Abah akan bercerita tentang 7 karakter Customer yang akan kita hadapi pada saat dunia marketing sudah menjadi habit ,kebiasaan , pekerjaan kita setiap hari.
Tipe yang pertama :
##1 Penggerak
Pada suatu waktu...Abah pergi ke kantor Kabupaten untuk bertemu dengan pejabat di daerah tempat Abah tinggal saat itu. Setelah sampai di kantor kabupaten,,,,,Abah bertanya ke staff yang bertugas :
"Apa saya dapat menghadap ke Pa Bupati saat ini ..?" tanya Abah.
"Maaf ..Pa, Bapak Bupati dan Wakil sedang pergi kunjungan ke kecamatan A..!" kata staff kantor.
"Siapa pejabat berwenang yang dapat saya temui hari ini...?"
"Bapak dapat menemui Pa Sekwilda....beliau ada sekarang..!"
Setelah mendapat keterangan tersebut, Abah menuju ke ruangan Sekwilda, setelah sampai ke depan ruangan itu, Abah mengisi buku tamu yang di sodorkan ajudan bapak Sekwilda. ...setelah Abah selesai mengisi buku tamu itu, sang ajudan masuk keruangan Pa Sekwilda, tak lama kemudian ajudan itu keluar dan mempersilahkan ..Abah untuk masuk.
Saat Abah mau membuka pintu, pintu di buka dari dalam..
"Selamat siang ...Pa..!" Pa Sekwilda membuka pintu sambil menyalami Abah.
"Selamat siang ...Pa..!" jawab ..Abah.
"Silahkan ..masuk ..Pa...dan silahkan ..Duduk..!" kata Pa Sekwilda hangat
"Apa kabar ...nih ..Pa..Tinggal di mana Pa..!" kata Pa sekwilda menambahkan.
"Di daerah sini juga Pa ...dekat Pasar..!" jawab ..Abah..
"Bagaimana keluarga di rumah sehat Pa ? Anak berapa ..Pa..?" tanya pa sekwilda kembali
Setelah berbasa-basi, cukup panjang akhirnya Abah ke point yang mau abah utarakan.
"Ohh ...ini ..Pa, ada sedikit urusan yang mau saya bincangkan dengan Bapak!"
"Silahkan ..Pa...Bagaimana....?"
Selanjutnya Abah mengutarakan maksud kedatangan untuk menghadap beliau.
Yang Istimewa dari bapak Sekwilda ini adalah orangnya sangat welcome, Hangat sekali, selalu berbasa-basi dan selalu mengangguk jika mendengarkan kita berbicara.
Dan ternyata orang seperti Bapak Sekwilda ini menurut James Gwee adalah orang dengan tipe penggerak.
Dimana orang dengan tipe ini mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :
- Gerakannya Lincah
- Selalu Tersenyum
- Saat berjabat tangan terasa hangat dan akrab
- Selalu ingin akrab dalam berhubungan
- Dalam memulai suatu perbincangan, dia akan berbasa-basi dulu
- Ciri yang unik dari orang tipe penggerak, dia selalu mengulangi kata-katanya
- Dan cenderung selalu menyetujui perkataan lawan bicaranya.
- Dalam berpakaian, cenderung praktis
- Saat berbicara, tangannya suka bergerak gerak
- Tidak menyukai hal-hal detail
- Memiliki kepribadian yang selalu optimis
- Saat di berikan deadline waktu, biasanya selalu molor
- Tipe ini dalam mengambil keputusan tidak berdasarkan logika, tetapi berdasarkan hati.
Itulah ciri-ciri orang dengan tipe penggerak, sebagian besar Penjual adalah tipe ini.
Jadi kalau kita berhadapan dengan Customer dengan tipe penggerak kita harus :
- Banyak tersenyum
- Begitu duduk, jangan lalu bahas bisnis atau penjualan, tetapi lakukan basa-basi dulu
- Saat menyampaikan proposal bisnis, hindari tabel-tabel ataupun perhitungan-perhitungan dengan tulisan yang kecil-kecil.
- Buat Customer kita segembira mungkin.
- Karanglah pertanyaan yang jawabannya mengarah ke "YA".
Dengan kita mengetahui cara berhadapan dengan orang tipe ini, maka persentasi terjadinya transaksi sangat besar.
Karena sebagian para penjual adalah tipe penggerak maka mereka akan senang sekali kalau berhadapan dengan customer tipe ini.
Nah sekarang bagaimana kalau seandainya kita yang tipe Penggerak. Supaya kita tidak terperangkap dengan penyesalan pada akhirnya. Apa yang kita lakukan apabila kita di tawarkan suatu transaksi...
# Pertama
Jangan mengambil keputusan pada saat di entertaine atau kita sedang bergembira. Putuskan dahulu sesuatu baru senang- senang.
Jangan mengambil keputusan pada saat di entertaine atau kita sedang bergembira. Putuskan dahulu sesuatu baru senang- senang.
#Kedua
Belajarlah membaca sesuatu dengan detail, agar tidak terjadi penyesalan apabila ada pasal dalam suatu perjanjian yang tidak menguntungkan kita.
#Ketiga
Dalam menerima suatu deadline waktu sebaiknya ditambahkan, misalnya : "kita bisa untuk menyelesaikan hari senin", sebaiknya diberi tenggang waktu tambahan 2 hari, jadi hari Rabu.
Dengan kita mengetahui tipe diri kita pun, ini banyak membantu kita untuk melakukan sesuatu dalam bisnis atau marketing.
Besok Abah akan lanjutkan lagi dengan tipe selanjutnya OK...!